“Ingat”, Tidur Siang Lebih Dari Satu Jam Tingkatkan Risiko Diabetes

0
334

Kabarhoki.com– Beberapa waktu yang lalu, sebuah penelitian menemukan bahwa tidur siang sangat baik buat kesehatan. Tapi, apakah tidur siang dalam waktu yang lama juga baik buat kesehatan? Kali ini, sebuah penelitian baru menemukan bahwa tidur siang dalam waktu lama yakni lebih dari 1 jam setiap harinya justru sangat tidak baik buat kesehatan. Tidur siang lebih dari satu jam ini bahkan memungkinkan seseorang berisiko diabetes lebih tinggi.

Dikutip dari laman dailymail.co.uk, para ahli menemukan bahwa mereka yang tidur siang lebih dari satu jam setiap harinya justru mengalami meningkatkan risiko diabetes hingga 45 persen. Peneliti yang mempresentasikan hasil temuannya di pertemuan Asosiasi Eropa untuk studi Diabetes (EASD) di Munich, Jerman mengatakan bahwa orang-orang yang sering tidur siang dan lebih dari satu jam setiap harinya, ini lebih berisiko diabetes. Tak hanya itu, orang-orang ini juga sangat mungkin berisiko mengalami obesitas hingga serangan jantung.

Para ahli mengungkapkan bahwa tidur adalah suatu yang sangat sehat. Tapi, jika hal itu dilakukan secara berlebihan, itu justru akan membuat kesehatan semakin memburuk. Seorang ahli mengatakan, “Beberapa orang tidak mendapatkan tidur cukup saat malam dan ia akan mengganti tidurnya di waktu siang. Hal ini bisa saja terlihat baik-baik saja. Tapi, ini justru bukanlah hal yang baik. Ini sangat berbahaya buat kesehatan. Idealnya, tubuh akan istirahat dan membutuhkan tidur saat malam. Sementara saat siang, ia membutuhkan aktivitas agar ia tetap selalu sehat.”

Prof Naveed Sattar, seorang dokter metabolik di Universitas Glasgow mengatakan, “Penelitian yang kami lakukan menemukan bahwa ada hubungan erat antara tidur siang dengan kesehatan khususnya diabetes. Semakin lama tidur siang yang dilakukan, semakin besar dan tinggi risiko diabetes seseorang. Tak hanya diabetes, ini juga berisiko akan banyak hal berbahaya lainnya.”

Sebelumnya para ahli menemukan bahwa hampir 90 persen kasus diabetes diderita oleh orang-orang yang terkait dengan kelebihan berat badan, orang-orang yang memiliki gerak kurang dan orang-orang yang waktu siang banyak digunakan istirahat atau tidur. Tidak sedikit pula, mereka yang menderita diabetes adalah mereka yang waktu malam hanya memiliki waktu tidur sedikit sementara waktu siang ia banyak gunakan untuk hanya tidur atau istirahat.

Mengingat akan bahaya dari tidur siang yang terlalu lama, pastikan bahwa kita semua bisa tidur siang cukup dan tidak berlebih. Pastikan pula, kita memiliki pola hidup sehat dan pola makan yang sehat pula. Semoga, informasi ini bermanfaat dan kita semua selalu sehat serta senantiasa dalam lindunganNya.

POKER ONLINE | CEME KELILING | CAPSA SUSUN | LIVE POKER | AGEN CAPSA

SEVILLA | DOHA | AKIHABARA | SWEDEN EGYPT 

LEAVE A REPLY