Penjelasan yang pasti terjadi di tubuh saat kamu pingsan…

0
197
penjelasan pingsan

Penjelasan yang pasti terjadi di tubuh saat kamu pingsan…

Kabarhoki.com – Tubuh manusia bisa mendapatkan beragam serangan penyakit dan gangguan lainnya. Salah satu hal yang biasanya dialami adalah pingsan. Kehilangan kesadaran ini biasanya terjadi ketika Anda kepanasan, terlalu lelah, atau perutmu sedang kosong karena belum makan apapun.

Pingsan atau blacking out selain membuat kamu kehilangan kesadaran, juga membuat ototmu kehilangan kekuatannya. Sehingga tak jarang orang yang pingsan akan langsung terjatuh atau terpelanting. Pingsan biasanya terjadi selama beberapa detik atau beberapa menit akibat otak yang tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup.

Lantas, apa saja yang terjadi dalam tubuh manusia saat pingsan? Berikut adalah penjelasannya.

  • Pingsan diawali dengan menumpuknya darah dalam pembuluh vena bagian bawah akibat gravitasi bumi. Hal ini membuat jumlah darah yang menuju jantung berkurang sehingga tekanan darah akan menurun.
  • Kemudian aliran darah yang di otak pun juga berkurang karena jantung gagal untuk memompa darah. Pembuluh-pembuluh darah jadi tidak bisa berfungsi selama beberapa waktu.
  • Hal ini bisa diperparah pula jika otakmu kekurangan zat gula karena kamu lupa untuk makan. Sehingga tubuh pun akan menjadi lemas dan kamu pingsan.
  • Kamu langsung terjatuh karena otak tidak mampu lagi berfungsi untuk mengkoordinasikan gerakan otot.

Selain terjadinya hal di atas, kondisi psikis seseorang yang pingsan juga menjadi tidak terkontrol karena melemahnya saraf otak yang berfungsi untuk mengontrol emosi.

LEAVE A REPLY